Daftar Isi
Bab
I
Pendahuluan
Latar Belakang
Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus
berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang
dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll.
Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi
pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan
dapat mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang
dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil
dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang
dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam
proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh
pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Dalam makalah ini hanya dibicarakan
masalah konsep dasar evaluasi hasil belajar meskipun dalam pembicaraan tentang
evaluasi hasil belajar ini juga disinggung masalah konsep dasar evaluasi
pembelajaran. Memang tidak semua orang menyadari bahwa setiap saat kita selalu
melakukan pekerjaan evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita
jelas-jelas mengadakan pengukuran dan penilaian.
Rumusan
Masalah
1. Apa bentuk soal sudah sesuai?
2. Apakah jumlah soal sudah sesuai?
3. Bagaimana kesesuaian mata kuliah?
4. Siapa sasaran level soal ini?
5. Berapa lama durasi soal?
6. Apakah bahasa yang digunakan sudah sesuai?
7. Bagaimana syarat soal yang baik itu?
Tujuan
1. Untuk mengetahui kesesuaian bentuk soal
2. Untuk mengetahui jumlah soal yang sesuai
3. Untuk mengetahui kesesuaian mata kuliah pada soal
4. Untuk mengetahui level soal
5. Untuk mengetahui durasi soal yang tepat
6. Untuk mengetahui penggunaan bahasa yang sesuai
7. Untuk mengetahui syarat soal yang baik dan benar
BAB II
Pembahasan
a. Bentuk Soal
Bentuk soal sangat sulit
dimengerti hingga memerlukan pemahaman untuk memahami soal harus lebih dari
sekali dengan cara membaca berulang-ulang soal dan banyak membaca buku-buku
yang terkait dengan jawaban yang ada di soal. Dan bentuk soal juga sulit karena
bentuk soalnya tidak fokus karena diminta memberikan kebenaran, pilihan ganda,
isian dan essay.
b. Jumlah Soal
Jumlah soal 50 butir dengan bentuk
soal yang berbeda-beda. Jumlah soal ini juga akan mempersulit yang menjawabnya
karena tidak adanya pemfokusan bentuk soal misal, jumlah soal yang baik minimal
jika ingin memberikan soal bentuk kebenaran minimal biasanya jumlah soalnya
10-15 butir soal, pilihan ganda 30 butir soal, isian 5-10 butir soal, essay
5-10 butir soal. Dan yang membuat soal harus fokus pada 1 bentuk soal dan
maksimal 3.
c. Mata Kuliah
Mata kuliah untuk soal ini campuran.
Mata kuliah dalam soal harus fokus pada 1 mata kuliah
d. Level Soal
Pada soal ini adalah untuk tingkat
mahasiswa, karena level soalnya belum cocok untuk digunakan pada usia anak
sekolah tingkat SD, SMP dan SMA . pembuat soal harus memberikan level soal
sesuai pesertanya.
e. Durasi
Durasi untuk mengerjakan soal 120
menit. Karena untuk level mahasiswa durasi pengerjaan selama 2 jam sudah cukup
dan efektif.
f. Bahasa yang digunakan
Bahasanya masih terlalu tinggi,
masih sulit dipahami karena bahasa sastra yang tinggi. Untuk soal ini memerlukan
pemahaman yang dalam tentang berbahasa dan terdapat kosa kata yang baru.
g. Memenuhi syarat dalam soal
Untuk soal tersebut masih belum
memenuhi syarat soal yang baik, karena dilihat dari bentuk soal, jumlah soal,
mata kuliah, dan bahasa yang digunakan masih banyak kekurangan dalam soal
tersebut.
Bab III
Penutup
Kesimpulan
Kegiatan evaluasi merupakan
kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran.
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa, selain untuk mengadakan perbaikan.
Oleh karena itu, kegiatan evaluasi hendaknya memperhatikan cara membuat bobot
soal yang baik dan benar agar dapat mengukur kemampuan dan mengadakan perbaikan
terhadap peserta didik dengan efektif dan sesuai agar proses evaluasi
pembelajaran dapat berjalan dengan sesuai dengan harapan kita.
Saran
Dari
pembahasan diatas, menandakan bahwa evaluasi pembelajaran harus dapat dilakukan
oleh pendidik. Maka pemahaman tentang evaluasi pembelajaran khususnya dalam
pembuat soal harus benar-benar jeli dan tepat dalam membuat soal yang baik dan
benar agar pengevaluasian pendidik kepada peserta didik dapat tercapai sesuai
yang pendidik inginkan.
0 komentar:
Posting Komentar