Kamis, 12 Januari 2017

Evaluasi Pembelajaran



                                                                         Bab I

Pendahuluan

Latar Belakang

Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran.       Dalam makalah ini hanya dibicarakan masalah konsep dasar evaluasi hasil belajar meskipun dalam pembicaraan tentang evaluasi hasil belajar ini juga disinggung masalah konsep dasar evaluasi pembelajaran. Memang tidak semua orang menyadari bahwa setiap saat kita selalu melakukan pekerjaan evaluasi. Dalam beberapa kegiatan sehari-hari, kita jelas-jelas mengadakan pengukuran dan penilaian.

Rumusan Masalah

1.      Apa bentuk soal sudah sesuai?
2.      Apakah jumlah soal sudah sesuai?
3.      Bagaimana kesesuaian mata kuliah?
4.      Siapa sasaran level soal ini?
5.      Berapa lama durasi soal?
6.      Apakah bahasa yang digunakan sudah sesuai?
7.      Bagaimana syarat soal yang baik itu?

Tujuan

1.      Untuk mengetahui kesesuaian bentuk soal
2.      Untuk mengetahui jumlah soal yang sesuai
3.      Untuk mengetahui kesesuaian mata kuliah pada soal
4.      Untuk mengetahui level soal
5.      Untuk mengetahui durasi soal yang tepat
6.      Untuk mengetahui penggunaan bahasa yang sesuai
7.      Untuk mengetahui syarat soal yang baik dan benar

BAB II

Pembahasan

a.       Bentuk Soal
Bentuk soal sangat sulit dimengerti hingga memerlukan pemahaman untuk memahami soal harus lebih dari sekali dengan cara membaca berulang-ulang soal dan banyak membaca buku-buku yang terkait dengan jawaban yang ada di soal. Dan bentuk soal juga sulit karena bentuk soalnya tidak fokus karena diminta memberikan kebenaran, pilihan ganda, isian dan  essay.

b.      Jumlah Soal
Jumlah soal 50 butir dengan bentuk soal yang berbeda-beda. Jumlah soal ini juga akan mempersulit yang menjawabnya karena tidak adanya pemfokusan bentuk soal misal, jumlah soal yang baik minimal jika ingin memberikan soal bentuk kebenaran minimal biasanya jumlah soalnya 10-15 butir soal, pilihan ganda 30 butir soal, isian 5-10 butir soal, essay 5-10 butir soal. Dan yang membuat soal harus fokus pada 1 bentuk soal dan maksimal 3.

c.       Mata Kuliah
Mata kuliah untuk soal ini campuran. Mata kuliah dalam soal harus fokus pada 1 mata kuliah

d.      Level Soal
Pada soal ini adalah untuk tingkat mahasiswa, karena level soalnya belum cocok untuk digunakan pada usia anak sekolah tingkat SD, SMP dan SMA . pembuat soal harus memberikan level soal sesuai pesertanya.

e.       Durasi
Durasi untuk mengerjakan soal 120 menit. Karena untuk level mahasiswa durasi pengerjaan selama 2 jam sudah cukup dan efektif.

f.       Bahasa yang digunakan
Bahasanya masih terlalu tinggi, masih sulit dipahami karena bahasa sastra yang tinggi. Untuk soal ini memerlukan pemahaman yang dalam tentang berbahasa dan terdapat kosa kata yang baru.

g.      Memenuhi syarat dalam soal
Untuk soal tersebut masih belum memenuhi syarat soal yang baik, karena dilihat dari bentuk soal, jumlah soal, mata kuliah, dan bahasa yang digunakan masih banyak kekurangan dalam soal tersebut.

Bab III

Penutup

Kesimpulan

Kegiatan evaluasi merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan siswa, selain untuk mengadakan perbaikan. Oleh karena itu, kegiatan evaluasi hendaknya memperhatikan cara membuat bobot soal yang baik dan benar agar dapat mengukur kemampuan dan mengadakan perbaikan terhadap peserta didik dengan efektif dan sesuai agar proses evaluasi pembelajaran dapat berjalan dengan sesuai dengan harapan kita.

Saran


            Dari pembahasan diatas, menandakan bahwa evaluasi pembelajaran harus dapat dilakukan oleh pendidik. Maka pemahaman tentang evaluasi pembelajaran khususnya dalam pembuat soal harus benar-benar jeli dan tepat dalam membuat soal yang baik dan benar agar pengevaluasian pendidik kepada peserta didik dapat tercapai sesuai yang pendidik inginkan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

my instagram

BTemplates.com

Diberdayakan oleh Blogger.